Sabtu

Script Toko Online Gratis



Hampir tidak ada bedanya dengan toko yang dijalankan di dunia nyata, toko online juga memerlukan sistem yang akan membantu menangani transaksi penjualan. Untuk ini kita memerlukan suatu script toko online yang akan berjalan secara otomatis sesuai dengan konfigurasinya -- meski ada beberapa hal yang harus dilakukan secara manual seperti pengecekan pembayaran dan pengiriman barang. Sebagai contoh dari hal ini, pembeli yang membeli beberapa item barang akan langsung mendapatkan informasi berapa jumlah yang harus dibayar dan bagaimana melakukan pembayaran tanpa si pemilik toko harus menanganinya satu per satu secara manual.

Di internet, ada banyak script toko online mulai dari yang berbayar (X-Cart.com, webtoolup.com, shop-script.com) sampai yang gratisan (oscommerce.com, Zen-cart.com, cubecart.com, virtuemart.net, commerce-cgi.com, bosscart.com). Bagi yang memiliki afiliasi Amazon, bisa membuka 'cabang' toko Amazon dengan mengunduh script gratis yang ada di associate-omatic.com.

Salah satu script gratis toko online yang saya rekomendasikan adalah os-commerce, karena keunggulan yang dimilikinya antara lain:

  1. Aplikasi E-commerce yang gratisan tapi powerful
  2. Mudah digunakan. Berapapun jumlah produk atau kategori, semua dapat ditampilkan di osCommerce
  3. Mudah dan cepat diaplikasikan, osCommerce sangat mudah digunakan meskipun Anda tidak mengeri bahasa pemrograman
  4. osCommerce kaya dengan fitur yang akan memudahkan pembeli dan penjual melakukan transaksi. Cek, transfer bank, dan alat pembayaran online seperti Paypal bisa digunakan. Pajak dan ongkos pengiriman juga bisa diaktifkan.
  5. osCommerce juga menyediakan beberapa SSL yang dapat digunakan apabila menginginkan kartu kredit sebagai alat pembayaran
Untuk membaca cara menginstall OsCommerce coba anda melihat isi buku Taufik Hidayat tentang OsCommerce ini dengan masuk melalui Books.Google.co.id masukkan keyword panduan membuat toko online dengan oscommerce lalu tekan Search atau Telusuri. Klik buku yang nomor satu karangan Taufik Hidayat, lalu anda baca isi buku ini secara online dan cari bagian yang menjelaskan tentang cara menginstall-nya.

(Sumber: Panduan Membuat Toko Online dgn osCommerce karya Taufik Hidayat)

0 komentar:

Posting Komentar

Loading