
Namun untuk mencapai hal tersebut tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh sebuah proses panjang yang memerlukan kesabaran ekstra dan disiplin tinggi demi meraih impian tersebut. Tak jarang, di tengah perjalanan proses itu pun kita menemui banyak ujian dan rintangan.
Namun postingan kali ini tidak akan membahas masalah rintangan atau ujian yang harus dilalui tersebut. Di sini saya hanya akan mengupas satu hal yang perlu diperhatikan ketika kita mengawali proses untuk membangun dan mengembangkan blog kita, terutama pada 3 hingga 6 bulan pertama.
Jika blog anda sudah punya pengunjung rata-rata di atas 50 unique visitor per hari, mungkin saja itu karena anda sudah memperhatikan satu hal yang akan saya kupas di sini (baik anda sadari ataupun tidak). Apa satu hal tersebut? Tak lain adalah banyaknya konten yang unik di blog anda.
Salah satu alasan utama sebagian orang suka mengunjungi sebuah blog ialah karena di blog tersebut ia bisa menemukan banyak konten atau postingan yang sulit ditemukan di media lain (seperti situs portal, buku-buku di pasaran/perpustakaan, atau bahkan media cetak seperti koran, tabloid, atau majalah).
Buat apa baca blog A kalau isinya sama saja dengan situs portal? Buat apa mengunjungi blog B jika isi postingannya kebanyakan sama saja dengan koran? Buat apa baca blog C kalau ternyata mayoritas kontennya adalah hasil copy-paste? Buat apa mengunjungi blog D kalau mayoritas postingannya sudah banyak terdapat di blog lain?
Namun di sini perlu saya tekankan, makna konten yang unik atau tidak pasaran itu sebenarnya tidak sesempit yang kita bayangkan.
Unik bisa berarti punya ciri khas tersendiri dalam cara mengulas sesuatu (walaupun sesuatu tersebut sudah banyak dikupas atau diangkat). Unik bisa pula berarti punya sudut pandang baru ketika membahas sesuatu. Bisa juga berarti kreatif dan mahir dalam hal memodifikasi serta mengembangkan sebuah ide yang sudah pernah dikupas di media lain (untuk kemudian dijadikan sebuah postingan baru dengan kemasan yang berbeda).

Untuk postingan jenis tutorial atau tips praktis bergaya how to, unik bisa berarti lebih detail dalam hal cara menjelaskan/cara membimbing. Bisa juga berarti lebih mudah dicerna dalam hal penggunaan gaya bahasa atau kalimat yang digunakan untuk menjelaskan tutorial tersebut. Pun bisa berarti pula selalu didasarkan atas pengalaman pribadi atau pembuktian terlebih dahulu, sehingga pembaca merasakan bahwa tutorial tersebut benar-benar bisa dipercaya kredibilitasnya.
Untuk konten berjenis berita, informasi, atau sesuatu yang berbau nembak keyword – makna unik bisa berarti lebih detail, lebih komplit, lebih deskriptif, atau lebih komprehensif ketika menyajikannya. Bila perlu, ditambah dengan opini pribadi kita (tidak sekedar memberitakan atau menyampaikan data dan fakta saja).
Sedangkan untuk jenis konten berupa curhat atau sharing pengalaman, makna unik bisa berarti punya gaya bahasa yang khas ketika menuangkan isi hati, pikiran, maupun pengalamannya. Bisa pula berarti selalu punya pesan berharga atau sesuatu yang bermanfaat bagi pembacanya.
Jadi intinya, makna unik di sini tidak selalu berarti bahwa konten tersebut sulit ditemukan di media lain. Yang terpenting adalah bagaimana mengusahakan agar setiap postingan kita punya nilai dan ciri khas tersendiri (walaupun mungkin sudah sering diangkat atau sudah banyak terdapat di media lain).
Semakin banyak konten yang unik di blog kita, maka peluang untuk mendulang pengunjung setia akan semakin besar dan semakin terbuka lebar.
Tidak masalah walaupun blog kita tergolong blog gado-gado. Toh menurut amatan saya, ada juga kok blog gado-gado yang memiliki banyak konten unik (tidak pasaran) di dalamnya.
Nah, siapa bilang blog yang tidak pasaran itu cuma milik blog bertema khusus? Siapa bilang juga blog yang unik itu cuma milik blog tutorial?
Di tengah pertumbuhan dan perkembangan jumlah blog yang semakin subur bin menjamur di Indonesia, rasa-rasanya kita perlu berjuang keras agar blog kita punya ciri khas tersendiri. Salah satu caranya yaitu dengan mengusahakan sebanyak mungkin memposting konten yang unik di blog kita. Unik dari sisi materi, tema, penyajian, maupun pengemasannya.
Jika kita tidak peduli dengan hal itu, maka bersiap-siaplah untuk terlempar atau tersisih dari arena persaingan untuk merebut simpati pengunjung.
(eh, ngemeng-ngemeng, blog saya ini udah masuk kriteria blog yang punya banyak konten unik atau belum yach? ^-^)
1 komentar:
unik dan bagus themenya ok sip mudah di cerna artikelnya juga...tolong kunjungi juga blog saya dan kasih penilaian sekaligus ya di tunggu...aku punya dua blog satu:http://dollarkurs.blogspot.com yang ke dua : http://grfxdesign.net di tunggu ya salam
Posting Komentar